The Stolen Years - Ba Yue Chang An | Book Review


Judul: The Stolen Years
Penulis: Ba Yue Chang An
Penerbit: Penerbit Haru
Tebal Buku: 344 halaman
Buntelan dari @penerbitharu
"Jika saat kau terbangun lalu mendapati lima tahun sudah berlalu... kita berdua telah berpisah... apa kau akan melakukan segalanya untuk mencariku kembali?"
He Man terbangun setelah satu bulan lamanya tertidur dalam koma. Hal yang pertama kali melintas di kepalanya adalah keadaan Xie Yu, suaminya. Seperti yang terakhir kali diingatnya, wanita itu dan Xie Yu sedang berbulan madu di luat negeri, saat tiba-tiba suatu malam saat mereka berdua sedang berboncengan di sepeda motor, He Man dan Xie Yu
mengalami kecelakaan. 
"...Peramal sakti itu pernah bilang, asalkan aku selalu beramal dan berbuat baik maka Yang Mahakuasa akan memberikanku jalan hidup yang baik sebagai balasan akan setiap tindakan baikku. Pertama kali melihatmu, aku sudah menyadari bahwa kau adalah hadiah terindah dan terbaik bagiku."
"Cinta akan mengalihkan cara berpikir seseorang. Awalnya menilai hanya dari penampilan luar, lalu perlahan berpindah ke arah hubungan yang lebih mementingkan kecocokan sifat di antara pasangan tersebut."
Kakak He Man, He Qi, tentu bingung dengan pertanyaan adiknya itu. Kemudian wanita itu mengungkapkan bahwa He Man dan Xie Yu sudah bercerai setengah tahun yang lalu. He Man dan Xie Yu tak lagi saling mencintai, itu tentu bertolak belakang dengan apa yang dirasakan He Man saat itu. Dia begitu mencintai Xie Yu dan bahagia hidup sederhana bersama suaminya itu. Mereka berbagi tawa dan air mata sepanjang waktu. Tetapi sekarang? Xie Yu bahkan tidak datang menjenguknya saat He Man tersadar dari koma. Tidak juga teman-temannya. Atas rasa rindu yang tak tertahankan, He Man pun menemui Xie Yu, hanya untuk menerima sikap dingin yang ditunjukkan lelaki itu. Bahkan memintanya untuk melanjutkan hidup masing-masing.
"Di satu sisi, sang waktu telah memberinya begitu banyak pengetahuan baru padanya. Namun, waktu juga telah membawa pergi orang yang paling ia cintai."
"Dari dasar lubuk hati He Man, mulai muncul perasaan benci yang begitu besar pada dirinya sendiri lima tahun belakangan ini; benci karena tidak dapat mengingat apa pun. Bahkan, 'He Man yang sekarang' menjadi musuh bagi dirinya sendiri. Musuh yang membuat wajahnya menjadi begitu tua, membuatnya berpisah dengan orang yang dicintainya, juga melemparkan setumpuk masalah padanya dan memaksanya menjadi penerus untuk membereskan semua masalah itu."
Kepingan-kepingan kenangan selama lima tahun terakhir yang hilang, mulai dikumpulkan He Man. Dia tahu, bahwa dirinya sudah sangat sukses menjadi wanita karir dengan posisi sebagai direktur kreatif, hidupnya dikelilingi barang mewah, tak ada lagi pertimbangan saat ingin membeli barang mahal. Namun ada harga yang harus dibayarkan untuk semua itu. Sebagai seorang pekerja, He Man sangat mandiri, disiplin, keras, dan dingin, tidak seperti dirinya yang dahulu, manja dan kekanakan. Karena itu pula, teman-temannya mulai menjauhi He Man. 
"Seberapa besarkah kemampuan manusia untuk dapat menerima suatu kenyataan hidup? Hanya orang yang pernah terluka begitu parahnya yang akan bisa mengerti. Asalkan masih hidup, kita pasti bisa melalui apa pun yang akan terjadi selanjutnya."
"Tidak akan ada yang tahu apa ia bisa bangun kembali kala memejamkan mata untuk kedua kalinya. Menurutnya, seseorang harus berani mengutarakan perasaannya, agar tidak ada penyesalan di kemudian hari."
Xie Yu menawarkan dirinya untuk membantu mengembalikan ingatan He Man, dengan mengizinkan wanita itu tinggal di rumahnya, mengajarkannya berbagai perkembangan teknologi dan informasi selama 5 tahun belakangan.  Beralasan seorang teman yang sepatutnya membantu, entah mengapa, Xie Yu masih memendam kepedulian terhadap He Man. Dirinya tidak mudah mengeyahkan kenangan mereka dahulu, meskipun He Man telah menyakitinya. Kedekatannya dengan He Man, membuat Lily, pacarnya, tidak kuasa menahan kecemburuannya. Sementara itu He Man yang merasa bersalah, pergi dari rumah Xie Yu untuk kembali mencari ingatan-ingatannya yang sudah terlupakan dengan caranya sendiri, menemukan alasan mengapa 'He Man yang sekarang' dan Xie Yu memutuskan bercerai, padahal mereka pernah sama-sama saling berjanji untuk menua bersama. 
"Terkadang aku berharap ingatanku tidak akan kembali selamanya. Aku takut tidak akan mencintaimu lagi saat aku kembali bisa mengingat semuanya. Dan terkadang, sebaliknya. Aku berharap ingatanku bisa cepat pulih. Dengan begitu, aku tidak akan mencintaimu lagi, dan posisi kita berdua akan sama sekarang."
"Kalau kau ingin kembali padanya, maka semuanya masih berarti. Tapi kalau kau memang tidak ingin kembali padanya maka semua yang kau lakukan ini sia-sia. Cinta memang masalah yang rumit dan membingungkan. Intinya cuma satu, apakah kau mencintainya?"
***

Satu kata yang paling menggambarkan The Stolen Years; mengharukan. Reaksi saya saat membaca bab pertamanya saja sudah ingin menangis, bukan karena kesedihan, tetapi karena terharu. Bab awal The Stolen Years menggambarkan kenangan-kenangan manis milik He Man dan Xie Yu. Mengapa saya ingin menangis? Karena rasanya nggak tega kalau nantinya mereka akan sejauh matahari padahal pernah sedekat nadi.

The Stolen Years adalah M-novel kedua yang saya baca setelah You are The Apple of My Eye. Memang rasanya M-novel itu punya pesona sendiri entah apa, mungkin karena banyak memberi pelajaran di kehidupan. Seperti di novel ini, banyak memberi wejangan terhadap hubungan cinta. The Stolen Years berkisah tentang 'petualangan' He Man dalam menemukan kepingan ingatannya yang hilang setelah kecelakaan. Membaca halaman awalnya, saya diajak memahami betapa dekat dan romantisnya hubungan He Man-Xie Yu yang chemistry-nya sangat terasa--mereka semacam punya sesuatu yang membuat mereka cocok. Saya bisa merasakan kehangatan hubungan mereka berdua. Lalu, pembaca akan diajak bertanya-tanya, apa yang menyebabkan tak ada satupun orang yang menjenguk He Man, bahkan (yang masih dianggap) suaminya sendiri. Saya diajak membuka pintu-pintu yang akan membawa saya kepada jawaban demi jawaban yang diungkapkan secara perlahan-lahan. Bagaimana kecelakaan yang dialami He Man, mengapa He Man menjadi kaya raya, mengapa Xie Yu tidak lagi bersama wanita itu, mengapa Xiao Huan tidak lagi menjadi sahabatnya.

Begitu banyak kepelikan konflik dalam novel-novel ini, seperti mulanya saya mengira ini hanya ada masalah hilang ingatan dan perceraian, ternyata ada masalah baru yang menjadi alasan perceraian itu yang cukup rumit, karena He Man dan Xie Yu sama-sama melakukan kesalahan fatal yang berhasil menghancurkan pernikahan mereka sendiri. Berhubungan dengan ego mereka dalam mempertahankan harga diri dan kehendak masing-masing, tidak ada yang mau mengalah. Hubungan mereka seakan menjadi sebuah kompetisi, bukan dukungan yang saling diberikan, melainkan ambisi pribadi yang diutamakan. Padahal suami istri seharusnya saling mendukung dalam keadaan susah maupun senang, bukan?

Karakter He Man digambarkan sebagai orang yang angkuh, dingin, dan sinis setelah memangku jabatan penting di kantornya. Tekanan pekerjaan memaksanya menjadi pribadi yang sama sekali berbeda dengan dirinya yang dulu; hangat, penuh tawa, ekspresif, dan manja. Sementara Xie Yu, tipe lelaki yang sangat memperlihatkan cintanya kepada pasangannya, romantis. Tetapi tetap punya kekurangan yaitu sifatnya yang menjadi pemicu kerenggangan rumah tangganya dan He Man. Dengan Xie Yu, saya terlibat  semacam love-hate relationship; saya menyukai karakternya sebesar saya membencinya. 

Konfliknya tergolong kompleks, bahkan saat saya sempat berpikir ceritanya sudah mau habis, ternyata masih ada lagi kejutan-kejutan yang menanti saya. Sayangnya, saya kurang begitu menyukai masalah yang muncul di akhir itu. Beberapa kejanggalan juga saya rasakan, misalnya, saya nggak tahu mana yang benar, tetapi di film serupa, saat tokohnya berusaha mengingat memori dia akan sakit kepala atau apa, dan dokter akan menyarankan untuk tidak berusaha keras untuk mengingat, tapi di sini He Man seperti nggak menemukan kesulitan berarti. Selebihnya, cerita dalam novel ini bergulir dengan mulus dan membuat saya nggak sabar untuk mengetahui akhir kisahnya. Terjemahannya pun halus, serasa membaca novel lokal, bukan terjemahan. 

The Stolen Years ini salah satu novel yang membuat saya masih terbayang-bayang dan ingin menangis seusai membacanya :( Kehangatan hubungan He Man dan Xie Yu benar-benar terasa sampai ke hati. Kalau bisa saya bilang, ini novel romance terbaik Haru. Ditambah cover-nya yang sangat sangat cantik, saya kira nggak ada alasan untuk melewatkan The Stolen Years sebagai salah satu bacaan incaranmu. Kalau sudah punya, maka selamat menangis-nangis ria dan coba-lah membacanya sambil mendengarkan lagu Officially Missing You milik Tamia. Walau liriknya nggak nyambung amat dengan jalan cerita, tetapi ada sesuatu dalam lagu dan novel itu yang cocok, membuat tingkat kebaperannya menjadi lebih-lebih!
"Cinta kalah melawan sakit, juga kalah melawan kematian. Namun, cinta akan selamanya hidup di dalam ingatan manusia, akan menancapkan akarnya dengan kuat di dalam otak manusia. Selalu menunggu kehadiran kekasih yang dicintainya. Orang itu pasti akan muncul dan memberikanmu cintanya yang paling tulus. Kau harus percaya."

Share:

44 comments

  1. Wah! Review nya cukup memberikan gambaran yg jelas mengenai novel The Stolen Years.
    Cukup sedih pas membaca kalimat "akan sejauh matahari padahal pernah sedekat nadi". Saya harap kisah cerita seperti ini hanya ada di sebuah novel. Engga bisa bayangin deh kalo sampe ada di dunia nyata. Mungkin bisa dikatakan terlalu kerjam.. :')

    Terima kasih atas reviewnya, semakin minat banget nih untuk bisa milikin dan baca novel The Stolen Years ini :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, emang bikin nyesek banget :( Semoga bisa ikut baca novel keren ini ya! :D

      Delete
  2. aku mampir kali aja mujur bisa dapatin ini novel...
    :D #ngarep

    ReplyDelete
  3. Mau banget donk baca novel ini. Baca reviewnya aja udah ngiler...

    ReplyDelete
  4. Reviewnya detail banget, sedikit kompleks dan aku udah punya sedikit gambaran tentang bagaimana jalan cerita dinovel tersebut. Dan pastinya setelah baca review ini diriku jadi makin tambah penasaran pake banget banyak-banyak... harus segera dimasukin ke jajaran buku yang musti diburu nih. hehehehe.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terima kasih! :D emang wajib banget untuk diburu novel ini. Semoga bisa segera punya ya.

      Delete
  5. Aku pengen baca novel ini karena aku pengen tau gimana akhir kisah cinta lama bersemi kembali antara He Man dan Xie Yu. Kira.kira bagaimana cara Xie Yu kembali menerima dan memperlakukan He Man dengan baik tanpa memikirkan dendam yg terjadi dimasa silam saat mereka bersama.
    Aaaa pasti seruuuuuu ヽ(´▽`)/

    ReplyDelete
  6. Mau novel 'The Stolen Years' katanya novelnya bikin baper sampe mewek parah>< Baca review diblog ini lengkap banget, jadi kepengin baca isi keseluruhan novelnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget, rasanya pengin nangis tau :( Semoga bisa cepat baca ya!

      Delete
  7. Novel-novel terbitan Haru sudah pasti dijamin bermutu tinggi. Sudah baca review teman-teman lain, dan aku tahu ini salah satu novel terbaik yang dimiliki Haru. Semoga aku bisa lekas membacanya juga..

    ReplyDelete
  8. Aku setuju kalo novel ini sangat mengharukan!
    Aku udah tonton filmnya, dan sukses bikin nangis bombay tengah malam xD karena itu pengen banget baca novelnya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah udah pernah nonton filmnya. Aku pengin banget nonton tapi belum sempat :( Emang kalo cuma nonton film belum lengkap sih, harus baca novelnya juga :D

      Delete
  9. reviewnya bagus, bikin penasaran :D jadi pengen baca :D pantesan pernah dapet penghargaan :D keep up the good work :D

    ReplyDelete
  10. Btw, aku suka denger lagunya Tamia yang Officially Missing You, hehe #Lah, salah fokus. Oke, sebenarnya sudah dari lama aku penasaran sangat sama M-Novel yg diterbitin penerbit Haru ini. Tentang perubahan sikap He Man, dan kenapa bisa sahabatnya sendiri yg harusnya dukung dia kapanpun malah berbalik membencinya. Jadi penasaran sefatal apa perubahan He Man. Dari banyak review yg aku baca juga, semuanya hampir sama-sama bilang kalau novel ini bisa bikin kamu baper. Tapi tiap ke toko buku, masiiih aja kosong. Huft.

    ReplyDelete
  11. baru baca review nya aja udah baper. gimana kalo udah baca bukunya. mungkin mesti sedia tisu kali yah

    ReplyDelete
  12. Baca review The Stolen years kali ini jadi tahu lebih jelas ttg penyebab masalah yg terjadi antara para tokohnya, makin bikin penasaran dengan ending ceritanya, dan pelajaran apa aja yg bisa diambil hikmahnya dari kisah ini.

    ReplyDelete
  13. Jadi pengin cepat baca novel ini >.< Apalagi setelah digambarkan secara singkat bagaimana sosok He Man dan Xie Yu. Dan ingin merasakan debaran jantung pas baca bagian He Man yang ingin kembali mengingat semua kejadian yang telah dia lalui bersama Xie Yu. Novel terjemahan, kebanyakan, memang selalu mengandung banyak hikmah yang bisa diambil di setiap kisahnya.

    ReplyDelete
  14. Kalau novel ini novel terbaik Penerbit Haru, berarti saya juga wajib punya dong, nggak kebayang jadi He Man yang kehilangan 5 tahun ingatannya dan saat ingat semuanya ternyata nggak seperti yang dibayangkannya, jadi makin penasaran sama kisah cinta mereka berdua yang hangat tetapi kemudian hancur dan ingin tau mengapa mereka yang begitu dekat kemudian jadi bercerai.

    ReplyDelete
  15. Saya penasaran banget sama novel ini :" Mengingatkan saya akan kisah sesuatu.

    ReplyDelete
  16. I am interest with the novel, i would like to read it and share with my friends

    ReplyDelete
  17. Pilihan lagu kamu beneran bikin baper ya :" baru juga baca review apalagi kutipan" dari novelnya udah bikin galau. Kayaknya semua review bilanh novel ini bikin nangis. Dan konfliknya juga rumit ya? Emang masalah apa aja sih yg bikin dua orang bisa bercerai dan memendam perasaan sakit gitu? Padahal kalau diliat direview mereka sama" sakit, tapi milih menjauh.

    Btw, template blog kamu manis :D

    ReplyDelete
  18. Aku sangat suka film sama novelnya T,T mengajarkan kita akan arti cinta sejati yang sesungguhnya. Salut sama Xie Yu. Dia membuktikan dirinya mencintai Hae Man dengan tulus dengan selealu ada disinya ketika Hae Man terpuruk dan sedih. Perjuangannya itolah yang "mungkin" sangat sulit ditemukan di diri lelaki zaman sekarang ini :') Kebahagian sebenarnya bukanlah dicari melainkan di ciptakan sendiri. Aku berharap mereka berdua tetap bersama walau tidak di dunia :) Reviwnya sangat detail dan bikin penasaran great work ^_^

    ReplyDelete
  19. Novel romance terbaik dari Haru? Aw, sepertinya cukup menjanjikan untuk membawa pembacanya berlinangan air mata. Marked as a wishlist!

    Kalau dulu saya sempat nonton You Are The Apple of My Eye, tapi sayangnya nggak sempat baca novelnya, hiks. Di film itu sanggup bikin saya sampe nangis bombay lho. Nah, sekarang novel The Stolen Years yang dikatakan sangat mengharu biru, apakah di versi filmnya juga sama sedihnya seperti di novel? Aku mau coba dua-duanya, tapi yang utama mau baca novelnya dulu aja deh. Huehehe.

    Dari review ini makin membuatku tertarik dengan The Stolen Years karena adanya konflik yang kompleks dan pengkarakteran yang kuat dari tokoh-tokohnya adalah salah satu kunci yang membuat ceritanya begitu 'menggigit' di hati pembaca. :)

    Gigit aku, Mas Xie Yu! #eh

    ReplyDelete
  20. Aku belum ada novel yang menceritakan tentang hilang ingatan :'(
    Adakah yang bersedia meminjamkannya untuk aku baca?? heheh ;)

    ReplyDelete
  21. Kisah yg mengharukan :'(
    Thanks kak reviewnya lengkap banget. Konflik dlm novel ini cukup kompleks, seperti teka-teki yg harus dipecahkan, huaaa aku ingin berkesempatan membacanya :)

    ReplyDelete
  22. Saya paling suka kisah kisah sendu kayak gini, tapi gamau endingnya sedih haha. iya tau kontradiktif banget, tapi gimana atuh ya? namanya juga selera. plis menangin akuh, muah.

    ReplyDelete
  23. Saya udah pernah nonton filmnya dan alhasil air mata berjatuhan:3 tapi masih kurang bisa menyatu dengan filmnya dan tak bisa di bayangkan. Novel ini pasti tidak kalah dengan filmnya yang menyayat hati, apalagi adegan akhirnyaT_T tapi di bagian Xie Yu melamar He Man untuk kedua kalinya, SWEET BANGEEETTTT! filmnya aja udah keren banget dan saya ingin membaca buku ini karena pasti saya dapat membayangkan dengan jelas setiap kejadian dan saya dapat berkhayal menjadi He Man:3

    ReplyDelete
  24. Aku udah nontok Film tapi aku kurang puas aja kayak ada beberapa kejadian yang di skip , makanya aku penasaran sama novelnya. Pengen ngebandingin aja versi novel sama versi film nya .

    ReplyDelete
  25. Dari reviewnya aja udah menarik, apa lagi baca keseluruhan ceritanyaceritanya :)

    ReplyDelete
  26. Wah, reviewnya komplit banget :)
    Sudah nonton filmnya, dan sepertinya tidak selengkap cerita bukunya. Semoga bisa memenangkan giveawaynya dan berkesempatan baca bukunya ^_^

    ReplyDelete
  27. sejujurnya aku suka banget sama novel terjemahan tapi belum pernah sama sekali baca M-novel. Dari riview yang aku baca sebenernya tertarik bgt buat baca novel ini. karna menyuguhkan konflik yg complicated bgt tapi tetep bikin greget!!! dan aku percaya novel terbitan Haru itu keren keren bgt ceritanya, konflik yg disuguhkan ditiap novelnya beda dari pada yg lain^^

    ReplyDelete
  28. "Terkadang aku berharap ingatanku tidak akan kembali selamanya. Aku takut tidak akan mencintaimu lagi saat aku kembali bisa mengingat semuanya. Dan terkadang, sebaliknya. Aku berharap ingatanku bisa cepat pulih. Dengan begitu, aku tidak akan mencintaimu lagi, dan posisi kita berdua akan sama sekarang."

    dilematis banget ya kalo hilang ingatan, disisi lain pengen inget, disisi lain pengen lupain aja masa lalu. jadi tambah penasaran konfliknya kaya gimana..

    ReplyDelete
  29. baca review di blog ini aku jadi makin penasaran sama novel the stolen years.review nya menggambarrkan isi novelnya banget. kayaknya harus siapin tissu deh klo lagi baca novel ini :')

    ReplyDelete
  30. Dari covernya sih udah jelas banget kak kalau bakalan bikin baper. Baca review kakak aku jadi dapat bayangan antara film dan novelnya gimana nih kisahnya. hehehee

    "The Stolen Years ini salah satu novel yang membuat saya masih terbayang-bayang dan ingin menangis seusai membacanya :( Kehangatan hubungan He Man dan Xie Yu benar-benar terasa sampai ke hati."

    Kalau kakak ingin menangis, aku pasttiii udah berlinangan air mata kak :) Makasih ya kak reviewnya.

    ReplyDelete
  31. Sebuah novel romance yang akan membuat siapapun pembacanya akan penasaran terhadap alur ceritanya.Bagaimana tidak penasaran jika ketika terbangun, He Man harus sudah mendapatkan kenyataan yang pahit, berpisah dari orang yang sangat dicintainya. Reccomended sebagai bacaan di bulan kasih sayang ini.:)

    ReplyDelete
  32. Novel-novel terbitan Haru selalu memiliki makna khusus di dalam hatiku. Bukan hanya karena terjemahannya yang enak untuk dibaca, namun setiap ceritanya juga mampu membuat kita tenggelam didalamnya. Termasuk novel The Stolen Years ini. Dari review yang ditulis serta kesimpulan kak Fabiola bahwa ini adalah novel romance terbaik Haru, tampaknya novel yg satu ini pun tidak boleh dilewatkan.

    ReplyDelete
  33. 5 tahun itu bukan waktu yang sebentar, bahkan dalam satu hari kemarin pun pasti banyak kejadian.
    Baru baca resensinya aja udah ada yang nyelekit dihati.
    Suka banget sama quote yang ini :
    "Seberapa besarkah kemampuan manusia untuk dapat menerima suatu kenyataan hidup? Hanya orang yang pernah terluka begitu parahnya yang akan bisa mengerti. Asalkan masih hidup, kita pasti bisa melalui apa pun yang akan terjadi selanjutnya."

    Jadi aku yakin He Man pasti bisa melaluinya. Dan aku yakin, novel ini adalah salah satu dari sekian banyak novel terbitan haru yang pasti menggugah hati para pembacanya.

    Klo punya buku ini harus siap-siap tissu #huaaa

    ReplyDelete
  34. Benar-benar novel yang memikat dan mengundang untuk dibaca. Aku jadi kepengin baca deh :)

    ReplyDelete
  35. Ini M-Novel pertama yang sangat menarik perhatianku. Rasanya pengen dibuat baper sama konfliknya, sama kata-katanya, sama quotes, dibikin berubah lebih baik (konon katanya novel ini ada pesan moral yang bagus banget), dibuat hanyut sama alurnya, dan yang paling penting dibuat puas sama endingnya setelah baca sampai tuntas tas tas...! Semoga kita berjodoh ya Xie Yu, eh, si He Man melotot. Menang amiin

    ReplyDelete
  36. aku pengen baca Stolen Years karena review para blogger bilang kalo novel ini keren dan recommended betul.. selain itu, rating di GR juga bagus.. ngeliat sinop dan reviewna jadi tau kalo alur novel ini beda (biasana kan kgak ada tuh cerita yg endingna balikan, hehe).. dan lagi, aku udah kena #HaruSyndrom (walo baru punya dikit sih ^^; ).. hehe

    ReplyDelete
  37. It's so completed. Recommended. I likeee it. Review Kak Lala bikin baper, dari dulu ngincar tapi gak dapet2 ;D

    ReplyDelete
  38. Covernya cantik. Terkadang, kover itu menjadi poin penting dalam penjualan, tertarik banget sama novel ini. Lagi nyari melo drama novel juga nih :D

    ReplyDelete
  39. Review nya bikin semakin penasaran. Aaa wishlist saya ini XD Semoga beruntung /.\ Suka banget sama covernya cantik banget :D

    ReplyDelete