The Stolen Years - Ba Yue Chang An | Giveaway


Haloooo, sampai juga di postingan kedua Blog Tour The Stolen Years >.<

Sebelumnya, sudah baca review The Stolen Years disini belum? Sudah? Tertarik sama bukunya? Teman-teman bisa mendapatkan satu eks The Stolen Years persembahan Penerbit Haru gratis loh! Simak caranya di bawah ini ya:

1. Peserta berdomisili di Indonesia
2. Follow blog ini via GFC, Google +, atau email 
3. Follow twitter @penerbitharu, like page Penerbit Haru, dan follow twitter saya di @fazidaa_
4. Bagikan info tentang blog tour giveaway ini ke sosial media teman-teman, sertakan link menuju postingan ini dengan me-mention @penerbitharu dan @fazidaa, disertai hashtag #TheStolenYears
5. Tinggalkan komentar di postingan Review The Stolen Years, bisa komentar tentang review atau bisa jelaskan mengapa kamu ingin membaca novel ini. Jawaban disitu nggak akan saya nilai dan cuma menjadi salah satu syarat mengikuti giveaway ini
6. Jawab pertanyaan dibawah ini dengan nama, akun twitter, link share:

"Jika kamu menjadi He Man, mana yang kamu pilih: berusaha mendapatkan ingatanmu kembali walau sulit, atau melupakannya dan mencoba membangun hidup baru?"

7. Giveaway ini akan berlangsung selama lima hari, terhitung dari hari ini, tanggal 11 Februari - 15 Februari 2016
8. Pengumuman pemenang akan dilakukan paling lambat tiga hari melalui akun twitter saya dan update blog setelah giveaway ditutup. Semoga beruntung!

*** UPDATE ***

Yeay, akhirnya kita sampai pada penghujung blog tour yaitu pengumuman nama pemenang. Alhamdulillah, waktunya bisa pas tiga hari setelah deadline. Sebelumnya saya mau mengucapkan terima kasih kepada teman-teman semua yang ikut berpartisipasi memeriahkan giveaway ini. 48 orang loh! Angka yang sangat fantastis untuk ukuran blogger baru seperti saya, terima kasih sekali lagi!

Nah, sekarang saya mau mengumumkan satu nama yang beruntung mendapatkan satu copy The Stolen Years. Sebelumnya, semua jawaban bagus-bagus. Tetapi, ada beberapa nama yang menjadi kandidat calon pemenang. Parahnya, semuanya mengikuti syarat yang berlaku, jadi saya harus berpikir secara matang lagi, jawaban mana yang benar-benar menarik hati saya. Pilihan saya jatuh kepada...

@hoshinotika | Kartika

Siapa sih yang mau ingatannya hilang? Menjadi asing dalam lingkungan yang (dulu) kita anggap batas teraman kita-di tengah-tengah orang yang mencintai kita. Tapi bagaimana jika hilang ingatan malah membuat kita (benar-benar) berada dalam lingkungan tersebut-disayangi, dicintai dengan sepenuh hati?
Hilang ingatan hanya masalah waktu, tapi jika waktu tidak mampu mengembalikannya, selanjutnya adalah tugas kita untuk memutuskan.
Dan aku akan memilih untuk berjalan maju, menghadapi apa yang menungguku di depan, menjalani rencana Tuhan yang sudah dipersiapkan untukku. Bukankah Tuhan tidak akan memberikan cobaan melibihi batas kemampuan hambaNya?
Lagipula, untuk apa kita menangisi ingatan yang bahkan tidak kita ingat jika saat ini kita bisa mendapatkan kembali cinta yang terenggut di ingatan kita yang dulu?
Kita tidak bisa meminta orang untuk mencintai kita, tapi kita bisa membuat orang tersebut jatuh cinta kepada kita untuk yang kedua kalinya. ^^

Selamat kepada pemenang! Mohon mengirimkan nama lengkap, alamat, dan no. telepon ke email fabizdihar@gmail.com. Ditunggu secepatnya ya!

Bagi yang belum beruntung jangan kecewa, karena masih ada satu blog tour lagi yang menunggu untuk diikuti. Yaps! Nanti tanggal 21 Februari, akan ada blog tour Cinder di blog-ku. Pantengin Reading Vibes terus, ya. Terima kasih! :)

Share:

48 comments

  1. Rizki Oktavia
    @rizKorea
    https://mobile.twitter.com/rizKorea/status/697613106923450370

    Kalau saya jadi He Man, saya memilih untuk berusaha mendapatkan kembali ingatan saya yang hilang walaupun jikalau nanti saya dapat mengingatnya dengan kenyataan yang sangat pahit.
    Karena dalam ingatan saya yang hilang itu selain masalah percintaan dengan kekasih pasti ada ingatan atau moment-moment indah saya bersama keluarga. Atau bahkan saya pernah ada salah sama orang tapi saya belum minta maaf. Maka saya memilih untuk mendapatkan kembali ingatan saya yang hilang. Seberat apapun masalah yang menimpa saya, wajib saya hadapi. Karena bisa saja kalau saya memilih untuk melanjutkan hidup malah akan ada masalah baru. Selama manusia masih hidup pasti ada masalah yang menghampiri sekalipun manusia itu mencoba pergi sejauh mungkin.

    Sekian. Terima kasih ^^

    ReplyDelete
  2. Nama : Dian
    Twitter : @DeeLaluna
    Link Share : https://twitter.com/DeeLaluna/status/697619661668503552

    Aku akan mencoba mengingat masa laluku, meskipun sulit. Karena aku yakin, di dalam masa laluku ada bagian-bagian penting dalam hidupku yang tak bisa aku lepas begitu saja. Mungkin, malah ada kisah yang belum usai dan menungguku untuk memberinya akhir.

    Banyak hal yang akan lebih baik aku selesaikan terlebih dahulu, kan, untuk memulai hidup yang baru? Agar aku tak perlu bertanya lagi, seperti apa masa laluku?

    ReplyDelete
  3. Nama: Kiki Suarni
    Twiter: @Kimol12
    Link:https://mobile.twitter.com/Kimol12/status/697612258050899968

    Jawaban:

    Hai salam kenal dan aku ikutan yaa...

    Jika ada diposisi He Man, aku tetap akan berusaha mengingat masa laluku. Sesulit dan sepahit apapun itu, aku akan tetap mencoba mengingatnya. Karena masa lalu itu adalah bagian dari hidup dan jati diri. Siapa aku, bagaimana keseharianku, siapa saja orang-orang di sekitarku dan yang paling penting adalah orang-orang yang mencintaiku.

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  4. "Jika kamu menjadi He
    Man, mana yang kamu
    pilih: berusaha
    mendapatkan ingatanmu
    kembali walau sulit, atau
    melupakannya dan
    mencoba membangun
    hidup baru?"

    Jawaban: Kalau aku menjadi He Man seperti dalam novel ini, aku juga akan berlaku sama seperti He Man. Berusaha mendapatkan ingatanku kembali. Karena semua perbuatan buruk atau kesalahanku ada di masa kemarin yaitu hari-hari sebelum aku lupa ingatan, untuk memperbaikinya tentu saja aku harus tahu apa yang aku perbuat atau kesalahan apa yang aku lakukan sampai suami dan orang-orang dekatku menjadi tidak menyukaiku bahkan sampai membenciku. Tanpa tahu kesalahanku bagaimana aku bisa memperbaiki keadaan atau bahkan melanjutkan hidup. Sedang orang-orang yang aku kenal atau orang terdekatku tidak menyukaiku dan menjauhiku.

    Emma | @EmmaNoer22 |
    https://mobile.twitter.com/EmmaNoer22/status/697622828103892993?p=v

    ReplyDelete
  5. "Jika kamu menjadi He Man, mana yang kamu pilih: berusaha mendapatkan ingatanmu kembali walau sulit, atau melupakannya dan mencoba membangun hidup baru?"
    Jawaban :
    Aku memilih berusaha mendapatkan ingatan kembali walau sulit. Karena masalalu adalah bagian dari diri kita sendiri yang membentuk kita. Dan jika masalalu itu adalah kesalahan yang sangat fatal aku ingin memperbaikinya sesegera mungkin sebelum memulai hidup yang baru.Setidaknya meminta maaf dengan tulus kepada mereka yang aku sakiti, walaupun aku tahu bahwa setelah itu semua tak akan pernah sama lagi. Tapi bukankah menerima jauh lebih baik daripada lari. Jadi walaupun pahit, bukankah itu adalah bagian dari perjalanan hidup kita. :)

    Neni Arwanda | @NeniArwanda95 | Link Share : https://twitter.com/NeniArwanda95/status/697634899365273600

    ReplyDelete
  6. "Jika kamu menjadi He Man, mana yang kamu pilih: berusaha mendapatkan ingatanmu kembali walau sulit, atau melupakannya dan mencoba membangun hidup baru?"

    Jawaban ku adalah mungkin aku akan menjalani kehidupan yg saat ini kujalani, hanya dengan berbekal ingatan yg ada. Karena walaupun aku tak berusaha mengingat kembali namun aku yakin ingatan.ingatan itu pasti akan muncul secara perlahan.lahan dengan sendirinya. Tanpa ada paksaan, karena sesuatu yg dipaksa itu juga tidak baik kan hehe...

    Disaat potongan.potongan ingatan itu sudah menyatu dan membentuk alur yg manis maupun pahit, pasti ada sesuatu yg bisa ku ingat begitu juga perasaan apa yg pernah ku rasakan saat itu. Bila semua kenangan pahit dari masa lalu itu bisa diperbaiki mungkin aku bisa melakukannya. Namun jika kenangan pahit dari masa lalu itu terlalu menyakitkan hati, maka aku akan melupakannya dan mencoba membangun hidup yg baru untuk mendapat kebahagiaan dan terhindar untuk jatuh dilubang yg sama.


    Eris Andriani || @RizAnNie88||https://twitter.com/RizAnNie88/status/697676513227907072

    ReplyDelete
  7. Berusaha mendapatkan ingatan kembali walau sulit. Bagaimana aku bisa melanjutkan hidupku sementara awal dari hidup beserta masa lalu tidak kumiliki lagi? Bagaimana mungkin aku meninggalkan jejak kehidupan yang sudah membentukku hingga sedemikian rupa seperti sekarang ini? Bagiku, melupakannya berarti membuang pula diriku sendiri karena aku telah melalaikan asal muasalku. Meskipun sulit, meskipun sakit, meskipun pelik, aku masih akan berusaha mengingat kembali. Dunia tidak bisa disebut baru jika aku tidak tahu dunia yang kutempati dulu, bukankah begitu? :)
    Eka Sasining Putri | @cha_ichie | https://twitter.com/cha_ichie/status/697721191499321344

    ReplyDelete
  8. Nama: Yuliani
    Twitter: @yulianipatty
    Link share: https://twitter.com/yulianipatty/status/697722014497280000

    Baru pertama kali ikutan GA diblog ini. Aku udah follow blog ini via GFC dan Google+. Ijin ikut berpartisipasi yaa Lala><

    "Jika kamu menjadi He Man, mana yang kamu pilih: berusaha mendapatkan ingatanmu kembali walau sulit, atau melupakannya dan mencoba membangun hidup baru?"

    Jawaban: Aku akan memilih berusaha mendapatkan ingtanku kembali walaupun sulit. Kenapa? Karena aku dikenal oleh keluargaku, teman-teman, dan orang-orang yang aku sayangi lainnya dengan diriku yang dulu. Bukan sekarang. Aku akan berusaha mengembalikkan ingatanku, aku ingin tahu apa saja yang aku lakukan di lima tahun sebelumnya sehingga orang-orang membenciku dan menjauhiku. Meskipun kini ingatanku kembali, aku tahu bahwa kesalahan dimasalalu benar-benar sudah keterlaluan. Aku ingin ingatanku kembali, aku ingin meminta maaf kepada mereka semua atas sikap dan kesalahanku yang membuat mereka begitu membenciku. Aku sangat menyesal, terutama kepada suamiku. Aku yakin mereka orang-orang yang sangat baik, semoga mereka membantu mengembalikkan ingatanku sedikit demi sedikit. Aku yakin mereka mau membantuku. Aku tidak mau seperti ini terus menerus, asing dan diasingkan saat berada disekeliling mereka. Aku akan sangat berusaha mengembalikkan ingatanku kembali.

    Wish me luck(^^,)9

    ReplyDelete
  9. Siapa sih yang mau ingatannya hilang? Menjadi asing dalam lingkungan yang (dulu) kita anggap batas teraman kita-di tengah-tengah orang yang mencintai kita.
    Tapi bagaimana jika hilang ingatan malah membuat kita (benar-benar) berada dalam lingkungan tersebut-disayangi, dicintai dengan sepenuh hati?
    Hilang ingatan hanya masalah waktu, tapi jika waktu tidak mampu mengembalikannya, selanjutnya adalah tugas kita untuk memutuskan.
    Dan aku akan memilih untuk berjalan maju, menghadapi apa yang menungguku di depan, menjalani rencana Tuhan yang sudah dipersiapkan untukku. Bukankah Tuhan tidak akan memberikan cobaan melibihi batas kemampuan hambaNya?
    Lagipula, untuk apa kita menangisi ingatan yang bahkan tidak kita ingat jika saat ini kita bisa mendapatkan kembali cinta yang terenggut di ingatan kita yang dulu?
    Kita tidak bisa meminta orang untuk mencintai kita, tapi kita bisa membuat orang tersebut jatuh cinta kepada kita untuk yang kedua kalinya. ^^


    Kartika
    @hoshinotika
    https://twitter.com/hoshinotika/status/697744996796080129

    ReplyDelete
  10. Mendapatkan ingatan kembali walaupun sulit karena masa lalu merupakan bagian dari identitas dan diri kita. Salah satu pertanyaan awal yang diajukan manusia adalah "siapa aku?". Untuk menjawab pertanyaan "siapa aku?" , masa lalu memainkan peran penting. Sering kali kita mendefinisikan diri berdasarkan hal-hal yang telah dilakukan di masa lalu. Sebelum pertanyaan "siapa aku?" terjawab kayaknya belum bisa move on ke pertanyaan selanjutnya :)
    Hana Bilqisthi | @hanabilqisthi | https://twitter.com/hanabilqisthi/status/697804426271002624

    ReplyDelete
  11. "Jika kamu menjadi He Man, mana yang kamu pilih: berusaha mendapatkan ingatanmu kembali walau sulit, atau melupakannya dan mencoba membangun hidup baru?"

    Meski ada pepatah yang mengucapkan, jalanlah terus kedepan. Tatap masa depanmu dan jangan menoleh lagi kebelakang, jika aku disuruh memilih, aku akan tetap memilih untuk berusaha mendapatkan ingatanku kembali yang hilang walau sulit. Tapi bukan untuk meratapi, melainkan untuk melengkapkan diriku kembali. Mempunyai ingatan yang hilang, bukankan itu sama seperti ada sesuatu di diri kita yang terasa tidak lengkap? Dan membuat hidup serasa tidak benar? Maka dari itu, aku akan berusaha mengumpulkan ingatan itu kembali, walau sulit. Selain itu, dalam ingatan yg hilang tsb, pasti juga terdapat memori-memori penting yang membahagiakan, menyedihkan, dll selama hidup kita dengan keluarga, teman, atau mungkin pacar yg dapat membantu diri kita memahami diri sendiri.

    Faiz Istighfara | @lisyaann | https://twitter.com/lisyaann/status/697809410756743168

    ReplyDelete
  12. nama: Visca
    twitter: @Visca_Apr
    link share: https://twitter.com/Visca_Apr/status/698018153608032257
    "Jika kamu menjadi He Man, mana yang kamu pilih: berusaha mendapatkan ingatanmu kembali walau sulit, atau melupakannya dan mencoba membangun hidup baru?"
    walaupun kehidupan yang baru bisa membuat aku senang tetapi aku akan memilih berusaha untuk mengembalikan ingatan ku lagi meskipun itu sangat sulit, karena bagaimana pun juga orang-orang disekitar ku pasti ingin aku cepat pulih dari hilang ingatan. dalam proses pemulihan tersebut aku bisa minta tolong sama orang-orang yang dulunya dekat sama aku *keluarga, saudara, pacar, mantan, suami, atau siapapun juga*, entah diajak ke tempat yang dulunya sering aku kunjungi atau bercerita tentang apapun yang terjadi di masa lalu aku, *bisa juga terapi*
    setiap orang pasti punya ingatan tentang masa lalu, dan hidup tanpa ingatan di masa lalu tidak bisa dikatakan benar-benar hidup

    ReplyDelete
  13. "Jika kamu menjadi He Man, mana yang kamu pilih: berusaha mendapatkan ingatanmu kembali walau sulit, atau melupakannya dan mencoba membangun hidup baru?"

    Hilang ingatan itu pasti membuat kita bingung juga takut. Seperti kehilangan separuh dari diri kita, terasa tidak utuh. Namun jika pribadi aku yang hilang ingatan lebih baik dan lebih disukai orang lain daripada pribadi aku yang dulu, aku akan mencoba membangun hidup aku yg baru. Melupakan masa lalu yang buruk dan memperbaiki kehidupanku menjadi pribadi yang lebih baik. Mungkin ini takdir yang diberikan Tuhan. Aku yakin Tuhan akan memberikan yg terbaik buat hamba-Nya. Jika suatu hari ingatanku kembali, akupun tidak akan menyesal.

    Aulia | @nunaalia | https://twitter.com/nunaalia/status/697994882539892737

    ReplyDelete
  14. Nama: Farikhatun Nisa'
    Twitter: @littlepaper93
    Link share: https://mobile.twitter.com/Littlepaper93/status/698045918348587008?p=v

    Jawaban: berusaha mengingat kembali. Karena bagaimanapun, pasti ada keinginan kuat untuk kembali mengingat dengan dorongan rasa penasaran yang begitu besar. Walau sulit, tetap akan dilakukan. Karena mengingat yang telah hilang sama halnya melupakan apa yang ingin dihilangkan. Semua juga butuh perjuangan, yang di tengah jalan pasti ada konflik batin antara ingin menyerah dan memulai kehidupan yang baru atau terus melanjutkan dan bertahan meski sulit, dan jika aku berada di posisi seperi itu, aku akan memilih pilihanku yang pertama yang sudah menjadi komitmen yang harus dipertanggungjawabkan. Hidup ini memang penuh dengan pilihan berat. Tetapi tetaplah pilihan itu harus tetap dipilih.

    ReplyDelete
  15. Nama : Dera Devalina
    Twitter : @deradevalina
    Link share : https://twitter.com/deradevalina/status/698062287555264513

    Jika kamu menjadi He Man, mana yang kamu pilih: berusaha mendapatkan ingatanmu kembali walau sulit, atau melupakannya dan mencoba membangun hidup baru?"

    Jawaban:
    Masa lalu adalah kenangan masa depan adalah harapan, sepahit – pahit kenangan itu pasti ada sesuatu yang indah untuk diingat meskipun itu hanya sebatas kenangan yang tak mungkin bisa kembali. Mungkin keadaan he man saat ini adalah pilihan hidupnya kalau aku sendiri akan tetap berusaha untuk mendapatkan ingatanku kembali karena bagaimanapun itu adalah sebagian dari hidupku meskipun harus sepotong demi sepotong untuk mendapatkannya. Tapi aku yakin dengan cinta semua itu akan kembali dengan sendirinya, selama perasaan itu masih ada bukan tidak mungkin cinta itu kembali tumbuh untuk memperbaiki sesuatu kesalahan di masa lalu.

    ReplyDelete
  16. Nama: Gestha
    Twitter: @AltGST
    Link share: https://twitter.com/AltGST/status/698084146631938052
    Jawaban: Jika aku menjadi He Man yang kehilangan ingatan, aku akan memilih melupakan dan mencoba membangun hidup baru. Bukan bermaksud untuk membuang kenangan yang lalu, tapi aku tidak mau terlalu dipusingkan dengan berusaha mendapatkan ingatanku kembali. Toh aku juga tidak tahu apa dengan mendapatkan ingatanku kembali hidupku akan menjadi baik atau malah sebaiknya kacau. Aku lebih suka menjalani apa yang telah ada di depan mata. Aku juga percaya bahwa Tuhan tentunya punya maksud mengapa ia membuatku hilang ingatan, mungkin agar aku bisa melupakan kejadian masa silam yang mengecewakan dan karena Tuhan ingin aku membangun hidup dan lembaran yang baru.:))

    ReplyDelete
  17. "Jika kamu menjadi He Man, mana yang kamu pilih: berusaha mendapatkan ingatanmu kembali walau sulit, atau melupakannya dan mencoba membangun hidup baru?"

    Jawaban :
    Saya pilih yang pertama, berusaha mendapatkan ingatan kembali walau sulit dan pahit. Sepahit apapun masa lalu itu saya harus menghadapinya. Dan kehilangan ingatan selama 5 (lima) tahun belakangan pasti saya akan kehilangan separuh jati diri saya. Saya tidak ingin hanya diam saja dan melakukan apa yang saya bisa lakukan di masa sekarang, saya pasti akan mencari tahu sampai jelas apa saja yang sudah saya lakukan selama lima tahun lalu dan siapa saja orang-orang di sekeliling saya. Saya tidak mau menambah masalah di masa depan dengan membiarkan saja kenangan-kenangan selama lima tahun itu menghilang begitu saja. Saya pasti bisa menghadapi masalah saya dan menjalani hidup dengan lebih baik kalau saya mencari tahu masa lalu saya. Saya rasa itu adalah jalan yang terbaik untuk menyelesaikan semua masalah seperti masalah hubungan suami istri He Man- Xie Yi, untuk menyelesaikannya harus mencari akar permasalahan itu walaupun pahit dan harus berurai air mata. Cara terbaik untuk menghadapi semuanya adalah kembali mengingat semua yang sudah terjadi dan memperbaiki segala yang sudah terjadi. Tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki segalanya, memulai ulang dan menjadi orang yang lebih baik.

    Nama : Nurhidayanti
    Akun twitter : @CallMe_Yanti
    Link share :
    https://twitter.com/CallMe_Yanti/status/697996187706617856?p=v

    https://twitter.com/CallMe_Yanti/status/697997180036972544?p=v

    ReplyDelete
  18. Apa yang harus diusahakan? Mengingat? Bukankah itu reflek? Bahkan untuk orang-orang yang ingin melupakan. Coba pikir! saat kamu membatin, "Aku akan melupakan XXX!", Sadar tidak sadar ia telah menoreh XXX dalam batinmu.

    Aku akan melanjutkan hidup dengan apa yang terjadi dan akan terjadi, belajar menghargai dan menerima kejadian masa lalu, karena mau tak mau diriku sekarang adalah diriku yang dulu, aku telah berhasil melewati tahun tahun yang tak kuingat, dan aku percaya pada diriku yang menciptakan kenangan yang pada akhirnya kulupakan. Karena aku sekarang dan dulu adalah sama, jadi pasti aku akan mendapat kenanganku kembali, entah dengan cara teringat atau menjalani kenangan itu lagi kelak.

    @Alfania1412
    Twitter.com/Alfania1412

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa yang harus diusahakan? Mengingat? Bukankah itu reflek? Bahkan untuk orang yang ingin mengingat?, Saat engkau membati , "Aku ingin melupakanXXX" kau malah menoreh XXX itu lagi di dalam batinmu.

      Delete
  19. https://twitter.com/WoMomFey/status/696535512308277248

    ReplyDelete
  20. Nama: Puji P. Rahayu
    Akun: @Purahayu
    LInk: https://twitter.com/Purahayu/status/698330466533797888

    "Jika kamu menjadi He Man, mana yang kamu pilih: berusaha mendapatkan ingatanmu kembali walau sulit, atau melupakannya dan mencoba membangun hidup baru?"

    Kalau menurutku, ya realistis aja. Mending berusaha mendapatkan ingatan kembali. Kenapa? Bagaimana pun juga, lebih baik kita mengetahui kenyataan yang ada. Dari pada kita penasaran dengan apa yang terjadi. Dari pada kita nggak tahu hal yang sebenarnya. Lebih mending kita mengetahui semua hal meskipun sakit. Hidup tanpa adanya rahasia akan lebih mudah dilakukan.

    ReplyDelete
  21. "Jika kamu menjadi He Man, mana yang kamu pilih: berusaha mendapatkan ingatanmu kembali walau sulit, atau melupakannya dan mencoba membangun hidup baru?"

    Jawaban:

    Mengingat atau melupakan. Sulit atau mudah.
    Keliatannya gampang sih kalau cuma disuruh milih. Tapi memang setiap pilihan ada beberapa kondisi yang memengaruhinya.
    Tapi menurutku masa kini adalah saatnya untuk melihat ke depan. Jadi aku akan melupakan dan mencoba membangun hidup baru. Yang terjadi di masa lalu biarin aja seperti itu, karena kalaupun ingatan lama itu ditakdirkan ada di masa depan, gunanya cuma untuk membuat seseorang mengambil keputusan dengan lebih baik lagi. Kesalahan-kesalahan itu memang harus diperbaiki, tapi kita tetap gak bakal bisa kembali ke masa lalu. Jadi satu-satunya cara untuk memperbaiki kesalahan adalah melihat ke depan dan terus berusaha berjalan di jalan yang seharusnya, memperbaiki diri dengan lebih menghargai orang lain dan menerima hal yang terjadi dengan ikhlas. Lagi pula, seseorang pasti akan menemukan cintanya, jika cinta itu memang untuknya. Dan jika masa lalumu adalah masa depan, itu cuma skenario takdir.

    Fitra Aulianty | @fira_yoopies | https://twitter.com/fira_yoopies/status/698350533770280960

    ReplyDelete
  22. Jawaban

    "Jika kamu menjadi He Man, mana yang kamu pilih: berusaha mendapatkan ingatanmu kembali walau sulit, atau melupakannya dan mencoba membangun hidup baru?"

    Terkadang sebuah pasangan memilih berpisah karena sudah bosan atau sudah tidak memiliki perasaan lagi. Tapi aku rasa perpisahan He Man adalah karena kesalahpahaman. Aku sudah pernah nonton film Stolen Years sebelumnya. Jadi menurutku adalah sebaiknya meluruskan kesalahpahaman saja. Kalau aku jd He Man hal yang pertama kali aku lakukan adalah mencoba mengingat-ingat meski sesulit apapun itu. Mengapa kami berpisah? Padahal awalanya sangat romantis. Apa salahku dan penyebab perpisahan ini? Bukankah kami sedang Honey Moon? Kenapa bisa begini? Pasti banyak pertanyaan yang ada di kepalaku. Untuk itu aku harus kembali berhubungan dengan orang-orang yang dulu pernah berhubungan denganku dan bertanya apa penyebab retaknya hubungan kami. Aku pribadi jujur bukanlah orang yang mudah melupakan orang yang aku cintai, jika aku benar-benar mencintainya maka sulit bagiku untuk melupakannya dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Aku typicall wanita setia, kalau sudah satu ya satu saja. Tidak mungkin aku hanya melupakan dan tanpa tahu alasan sebenarnya kami berpisah. Aku tidak mau terus menerus di bayangi rasa penasaran. Aku akan sekuat tenaga mencari semua ingatan dan kembali dengannya. Walau apapun resikonya semisal dia sudah tak ingin melihatku lagi atau tidak mencintaiku lagi, aku tidak peduli. Lebih baik mencoba bukan? Daripada tidak mencoba sama sekali. Kita tidak akan pernah tahu apa hasilnya kalau kita tidak pernah mencoba. Sesuatu yang tidak seharusnya hilang harus di ambil kembali. Mungkin jika aku jadi He Man hidupku tidak akan tenang karena, sejujurnya masih memiliki perasaan padanya tetapi harus kehilangannya secepat ini :")

    Wish Me Luck ^-^



    Amilah Rahmatunnisa | @RnMilaa | https://twitter.com/RnMilaa/status/698354090535878657

    ReplyDelete
  23. Nama : Pida Alandrian
    Twitter : @PidaAlandrian92
    Link Share : https://twitter.com/PidaAlandrian92/status/698429413629652994

    "Jika kamu menjadi He Man, mana yang kamu pilih: berusaha mendapatkan ingatanmu kembali walau sulit, atau melupakannya dan mencoba membangun hidup baru?"

    Aku akan memilih: berusaha mendapatkan ingatannku kembali walau sulit.

    ReplyDelete
  24. Jika aku menjadi He Man, aku tidak ingin memilih salah satu. Aku akan melakukan dua-duanya: mencoba mengembalikan ingatanku sekaligus menjalani kehidupan baruku. Bagiku itulah pilihan yang paling ideal.

    Tentu aku ingin ingatanku kembali. Aku tidak ingin terlihat seperti orang bodoh yang tidak tahu apa-apa ketika aku sedang berada di antara orang-orang terdekatku tapi aku tidak mengerti hal apa yang mereka bicarakan. Selain itu, life must go on. Aku tidak bisa dan tidak mau jika harus fokus pada misi mendapatkan ingatanku saja. Karena seperti yang biasa kita lihat di film atau drama, bahwa setiap pengidap amnesia akan tetap melanjutkan hidupnya sembari ia mendapatkan ingatannya kembali seiring berjalannya waktu. Mengembalikan ingatan bukanlah hal yang mudah, tidak kilat dan pastinya butuh waktu. Aku tidak ingin menyia-nyiakan waktuku dengan terlalu berusaha untuk mengingat masa laluku yang entah kapan akan kembali lagi. Tidak bisa dipastikan, bukan?

    Sebenarnya dari apa yang aku tangkap di review novel ini, menurutku He Man telah melakukan keduanya. Ia berusaha mendapatkan kembali ingatannya tetapi ia juga tetap melanjutkan hidupnya. He Man tinggal bersama Xie Yu dengan tujuan agar Xie Yu membantunya mengumpulkan serpihan ingatan masa lalunya. Tetapi He Man juga tetap mau belajar ini itu tentang perkembangan baru selama 5 tahun belakangan yang ia lupakan agar ia tetap bisa bekerja dan melanjutkan karir yang telah ia capai.

    Keep trying to regain my memories because I want to make sure that everything's clear. But I also realize that show must go on. I gotta do what I HAVE to do before I can do what I WANT to do. It's called priorities. Maka dari itu, aku memprioritaskan keduanya karena menurutku dua hal itu sama pentingnya di hidupku.

    Aya Murning | @murniaya | https://twitter.com/murniaya/status/698424586895896576

    ReplyDelete
  25. Aku akan berusaha mendapatkan ingatanku kembali. Langkah yg pertama kuambil adalah berusaha berdamai dgn penyakit amnesiaku. Kalau hatiku saja tidak mau berdamai & menerima kenyataan, pasti otak & ingatanku makin memburuk. Dan selamanya aku hanya akan terpuruk meratapi keadaan. Aku kemudian harus bangkit dan lebih banyak berpikir menggunakan rasional-ku.
    Lalu aku berusaha mencari cara untuk sembuh dengan meminta bantuan teman & sahabatku untuk membawaku ke tempat yg suka/sering aku kunjungi beberapa tahun lalu, menikmati makanan yg ku sukai, menceritakan hobiku dan kegiatan apa saja yg sering kulakukan. Dan satu hal lagi, aku harus slalu menekankan pada diriku sendiri untuk slalu BERPIKIRAN POSITIF AKAN SEMBUH. Kuharap dgn bersugesti seperti itu akan sangat membantu proses pemulihan ingatanku :)

    Estiy| @estiyuliastri | https://twitter.com/estiyuliastri/status/698436618751860736

    ReplyDelete
  26. "I wish that I could wake up with amnesia
    And forget about the stupid little things
    Like the way it felt to fall asleep next to you
    And the memories I never can escape" - Lirik lagu Amnesia (5 Seconds Of Summer)

    Amnesia itu berkah juga musibah. Siapa yang tak tergoda untuk mendapatkan kesempatan kedua? Siapa yang tak ingin untuk memulai segalanya dari titik nol? Siapa yang tak ingin kembali menjadi kanvas putih, melupakan segalanya dan memulai kehidupan baru?

    Namun musibahnya juga tak terelakkan. Hilanglah kenangan indah bersama orang-orang tercinta, sakit hati di masa lalu, pun lubang di hati entah karena apa senantiasa menghantui. Lalu mana yang lebih baik?

    "Aneh sekali. Otaknya tidak mengenal orang itu. Ia yakin ia tidak mengenal orang itu. Tetapi kenapa sepertinya hatinya berkata sebaliknya? Kenapa hatinya seakan berkata padanya bahwa ia merindukan orang itu?" - Nishimura Kazuto (Winter In Tokyo)

    Yang mana satu yang kaupilih, kau akan tetap bersinggungan dengan ingatan dan masa lalu, pun kau harus menjalani hidup yang singkat ini. Jadi jangan pernah lari dari masa lalu. Sejatinya banyak pelajaran yang bisa kau ambil hikmahnya. Jangan berpaling, kau tak pernah benar-benar tahu apa yang Tuhan ingin. Jangan mengelak, jika tak mau dihantam telak.

    Jadi saya akan selalu berusaha mencari kepingan masa lalu saya. Walau sulit, walau akan banyak aral melintang. Sebab, saya tahu betapa pentingnya masa lalu.

    "Janganlah melihat ke masa depan dengan mata buta! Masa yang lampau adalah berguna sekali untuk menjadi kaca bengala dari pada masa yang akan datang." - (Pidato HUT Proklamasi 1966, Soekarno).

    Irfan Rizky | @irfansebs | https://mobile.twitter.com/irfansebs/status/698482848005685248?p=v

    ReplyDelete
  27. Daivara Rezuki Wijaya || @aulyarzky || https://twitter.com/aulyarzky/status/698550702084206593


    "Jika kamu menjadi He Man, mana yang kamu pilih: berusaha mendapatkan ingatanmu kembali walau sulit, atau melupakannya dan mencoba membangun hidup baru?"

    Berusaha mendapatkan ingatanku kembali, karena sesuatu yang ada di hidupku tidak semuanya mengecewakan, menyedihkan, ngenez walaupun aku jonez, menyebalkan dan memuakkan, tapi banyak kenangan yang tak ternilai oleh apapun. Kenangan merupakan sesuatu yang berharga dan akan selalu menjadi pengalaman hidupku.

    Ada pepatah, guru terbaik dalam hidupmu adalah pengalamanmu. Apabila aku memilih untuk melupakan, tentu aku tidak bisa belajar dari pengalamanku dan mencoba membangun hidup baru. Tentu saja pasti aku akan terus di hantui oleh rasa penasaran (kepo). Tentu hidupku akan semakin terbebani, sesakit apapun itu namun kebenaran merupakan yang terbaik. Seburuk apapun yang telah terlupakan olehku pasti sangat penting perannya dalam hidupku. Rasa sakit mampu membuat seseorang menjadi kuat, kegagalan membuat seseorang berhasil, kekecewaan membawa kepuasan dan hidup membuat seseorang dapat merasakan berbagai perasaan. Jika aku tetap mengingat, berusaha mendapatkan ingatanku yang hilang, aku pasti akan mencoba untuk memperbaiki kesalahanku, memperbaiki segalanya, walaupun semua itu tidak akan kembali utuh seperti semula. Tetapi dengan mencoba memperbaiki, ada jalan untuk menyatukan. Mencoba membangun hidup baru tak menyelesaikan masalah, istilahnya seperti hp yang rusak kecemplung di toilet, lebih baik di perbaiki terlebih dahulu daripada membeli yang baru. Walaupun ada bekas pada hp tersebut, namun setiap data yang tersimpan di dalamnya pasti masih dapat terselamatkan, asalkan ada tekad yang kuat untuk mencoba. Tidak ada salahnya untuk mencoba membangun hidup baru tapi hidup baru tidak akan pernah ada jika masa lalu tidak ada. Mereka seperti bumbu dengan mie yang selalu bersama. Memories are the only thing that can remind us of the happiness or sadness in this world:)

    Sekian, terima kasih:)

    ReplyDelete
  28. rati pramita
    @ratipramita
    link share https://mobile.twitter.com/ratipramita/status/698752595070836736?p=v

    saya pilih mengingat masa lalu. masa lalu kan terdapat banyak hal: hak dan kewajiban yang terdunda, pelajaran dan kenangan.

    hak yg belum diterima harus diperjuangkan.
    kewajiban yg belum dipenuhi harus dilakukan.
    pelajaran dari setiap persoalan dan pengalaman yg terjadi bisa digunakan untuk menuntun langkah ke depan.guru terbaik adalah pengalaman kan.
    dan kenangan indah bisa dijadikan pemanis hidup yg menemani kita saat bersantai minum teh.

    ReplyDelete
  29. Arum Okta Sukarta | akun twitter : @okta_s3233pm | Link Share : https://twitter.com/Okta_S3233PM/status/698765592317198336

    aku ingin mengingatnya karena bagaimanapun indahnya masa depan tapi jika tidak ingat masa lalu maka semuanya tidaklah sempurna , sama seperti sayur tanpa garam .Kadang tanpa kita sadari seringkali kita melupakan hal hal yang justru ingin kita ingat ,hal ini berarti apa yang kita lupakan bisa jadi adalah memori terpenting yang tidak ingin kita lupakan .

    Terkadang seseorang takut mengingat masa lalu karena akan mengorek kembali luka lama .Dari pada merasa sakit mwngingatnya lebih baik dikubur dalam dalam .Bukankah ini membawa kita pada sakit berkepanjangan , karena terus dibayangi oleh kejadian masa lalu . Aakan jauh lebih baik ketika kita mengingat sebagai bahan pembelajaran , bahan untuk memperbaiki hidup dan tentunya untuk masa depan yang sempurna . Untuk itu akan lebih baik jika He Man mengingat semua ingatan yang hilang untuk mengoreksi dirinya sendiri dan menjadi pribadi yang lebih baik .

    ReplyDelete
  30. Arien Prakasari | @Arrinn_Kka | https://twitter.com/Arrinn_Kka/status/698782170215649280
    Jika aku menjadi He Man aku akan memilih untuk berusaha mendapatkan ingatanku kembali, walaupun itu sulit. Tapi jika aku terus berusaha mencari tahu tentang masalaluku, tentang semua hal yang berhubungan dengan masa laluku, maka sangat mungkin bila ingatan itu muncul kembali. Dan jika aku lebih memilih untuk melanjutkan hidup tanpa ingatan dimasa lalu itu malah akan membuat hidup tidak tenang karena harus berhadapan dengan hal yang baru tapi sebenarnya sudah kita jalani dimasa lalu

    ReplyDelete
  31. Jika menjadi He Man, saya akan melakukan kompromi untuk kedua pilihan itu. Fakta bahwa saya harus kehilangan ingatan saja sudah cukup berat, jadi saya hanya ingin menjalani hidup saya. Meneruskan hidup yang bisa saya ingat, sebagai 'orang kehilangan ingatan yang ingin bahagia'. Saya akan mengenyahkan keinginan untuk mencari tahu apa yang sudah hilang dari hidup saya. Memori apa yang tidak bisa saya gapai lagi. Dan bagaimana agar saya bisa memiliki semua itu lagi. Meski begitu, saya juga tidak akan menolak jika suatu ketika, entah bagaimana, ingatan-ingatan yang pergi itu perlahan kembali, satu demi satu. Singkatnya, saya hanya ingin menjalani hidup saya dengan nyaman, tenang, sederhana, tanpa ambisi. Itu jelas jauh lebih baik, saya kira. Ketimbang memikirkan hal-hal yang rumit yang hanya akan membuat saya gelisah setiap malam hingga mengalami insomnia.

    Adawiyah Surastika | @biblionervosa | https://twitter.com/biblionervosa/status/698808964943720450

    ReplyDelete
  32. "Jika kamu menjadi He Man, mana yang kamu pilih: berusaha mendapatkan ingatanmu kembali walau sulit, atau melupakannya dan mencoba membangun hidup baru?"

    Saya akan memilih berusaha mendapatkan ingatan saya kembali walau sulit. Karena sekuat apapun kita ingin melupakan ingatan yang tidak kita harapkan, lambat laun ingatan itu akan terngiang dan melekat dipikiran kita dan kita tidak bisa lari dari kenyataan yang sudah kita buat sendiri. Meskipun kita mencoba untuk membangun kehidupan yang baru, tetapi jika kesalahan yang sudah kita buat di masa lalu yang belum kita tuntaskan maka ingatan itu malah memperburuk jalan hidup kita di masa depan. Jadi lebih baik kita mencoba mendapatkan ingatan kita walaupun sulit untuk kita dapat kan kembali dan sulit untuk memperbaiki kesalahan yg kita buat di masa lalu, tetapi dengan kesempatan ini kita dapat mengetahui kesalahan apa yang kita perbuat dimasa lalu hingga menimbulkan hal seperti ini dan melukai orang yang kita sayangi. Dan kita pun juga akan mencari cara untuk memperbaiki kesalahan tersebut walaupun tidak bisa mengembalikannya ke keadaan seperti sedia kala. Tetapi setidaknya kita sudah mencoba dan tidak lari dari kenyataan yang ada.

    Nur Eka Kumalasari | @akerun97 | https://twitter.com/akerun97/status/698914051083018240

    ReplyDelete
  33. Nama : Yeyen Nursyipa
    Twitter : @YeyenNursyipa
    link share :
    https://twitter.com/YeyenNursyipa/status/698921684611551232


    Aku lebih pilih berusaha mendapat kembali ingatanku, jika aku menjadi He Man. Memang menyakitkan ketika kita mengenang masa lalu tapi bukankah jauh lebih menyakitkan jika tak memiliki masa lalu sama sekali? maka dari itu aku berusaha untuk mengingat kembali masa lalu, meski kenyataan masa lalu itu menyakitkan.

    ReplyDelete
  34. Nama: Annisha Arie Muharima
    Twitter: @am_annisha
    Link share:https://mobile.twitter.com/Am_Annisha/status/699001503567233028

    Tentu saja aku akan memilih untuk mencopa mengingatnya sambil menjalani hidup yang sepatutnya harus ku jalani. Ingatan, sama seperti kepingan puzzle yang bila ada sesuatu yang hilang kamu harus mencari dan menemukannya agar tidak ada lagi bagian yang berlubang. Sama pula seperti sekeping kaca pada gelas kaca yang retak, bila bagian tersebut tak sempurna maka memang sudah seharusnya disempurnakan?

    ReplyDelete
  35. Perceraian dan segala perubahan yang terjadi pasti ada sebabnya oleh karena itu jika aku menjadi he man dengan sekuat tenaga aku akan berusaha mencari tahu penyebab dari semua ini dengan berusaha mendapatkan kembali ingatanku walaupun itu sulit, walaupun mungkin saat aku bisa kembali mengingat semuanya keadaan tidak akan berubah menjadi lebih baik. Tapi paling tidak semua tanda tanya di dalam otakku bisa terjawab, mungkin dengan begitu aku bisa membangun hidupku yang lebih baik tanpa harus dihantui oleh kebingungan dan tanda tanya. dan jika memang semua terjadi karena kesalahanku aku akan meminta maaf pada orang-orang yang pernah aku sakiti dulu, karna aku sadar sebagai manusia biasa aku pasti tidak pernah lepas dari yang nama nya khilaf dan kesalahan yang diantaranya pasti pernah menyakiti perasaan orang lain.

    Rizki Handayani | @yannie_minnie | https://twitter.com/yannie_minnie/status/699008360155209729

    ReplyDelete
  36. Aku harus mendapatkan ingatanku kembali. Terbangun dari koma selama 5 tahun adalah sebuah mukjizat dan anugerah dari Tuhan bahwa aku diberi kesempatan untuk hidup. Mungkin perjalanan sambil berusaha mencari kepingan-kepingan ingatan yang hilang dapat memberikan pelajaran yang sangat berarti bagiku. Sebelum koma tanpa aku sadari aku telah menyakiti banyak orang termasuk mantan suamiku. Kecelakaan, koma dan hilang ingatan yang menimpaku adalah pertanda kalau aku harus melakukan sesuatu untuk memperbaiki segala hal. Aku hidup di dunia masih mempunyai tugas yang harus diselesaikan. Keegoisan telah membutakan mata dan hatiku. Bagiku itu adalah hal yang wajar kalau aku ingin bertahan di dunia bisnis. Begitu menakutkan hingga aku lupa masih ada orang yang menyayangi dan mendukungku. Kini, aku berjalan dan merana seorang diri tanpa tahu apapun. Aku seperti seorang bayi, harus belajar kembali dari awal. Aku ingin mempergunakan kesempatan kedua ini untuk membahagiakan orang lain walaupun butuh waktu lama karena hati tidak semudah itu disembuhkan. Aku harus bisa menahan segala emosi demi menghadapi berbagai rintangan. Masa lalu memang lebih baik dilupakan tapi jika tidak ada masa lalu, maka masa depan pun akan lenyap.

    Agatha Vonilia M. | @Agatha_AVM | https://twitter.com/Agatha_AVM/status/699057348996825088

    ReplyDelete
  37. Jika melihat dari dua pilihan yang ada, mungkin terlihat lebih mudah untuk melupakannya dan mencoba membangun hidup baru.
    Namun kenyataannya tidak semudah itu (setidaknya bagiku).
    Jika menjadi He Man, tentu saja aku tidak akan rela melihat kenyataan bahwa orang yang sangat sangat aku sayangi mendadak telah berpisah dan pergi dari sisiku.
    Padahal seingatku tidak ada masalah diantara kami berdua.
    Apa apaan ini? Aku dan Xie Yu tengah menikmati kebahagiaan berbulan madu di luar negeri, tapi setelah aku terbangun dari koma karena kecelakaan yang kami alami, aku mendapati sebuah kenyataan yang pahit.
    Aku dan suamiku telah bercerai.
    Aku harus menemukan kembali ingatanku yang hilang tersebut dan mengetahui apa yang sebenarnya telah terjadi selama aku koma.
    Aku tidak akan menyia-nyiakan kesempatan untuk bisa bersama kembali dengan Xie Yu, orang yang sangat aku cintai.
    Sesulit apapun dan sekecil apapun kemungkinan itu, aku akan memanfaatkannya.
    Aku akan mengutip sedikit quotes yang ada di review The Stolen Years yang ditulis kak @fazidaa_ :
    "Cinta kalah melawan sakit, juga kalah melawan kematian. Namun, cinta akan selamanya hidup di dalam ingatan manusia..."

    Itu sebabnya selama aku masih hidup, aku akan berjuang demi cinta yang sangat berharga bagiku tersebut.

    Hary Gimulya | @angels_rutherfo | https://twitter.com/angels_rutherfo/status/699097548309401602

    ReplyDelete
  38. Jika aku menjadi He Man, aku akan memilih pilihan yang pertama yaitu berusaha mendapatkan ingatanku kembali meskipun itu sulit.
    Bisa jadi orang lain dengan mudah akan mengatakan agar melupakan saja ingatan tersebut dan membangun kembali hidup yang baru dengan ingatan yang baru pula.
    Namun pada kenyataannya itu tidaklah mudah. Jika belum mengingatnya, aku pasti akan terus merasa penasaran, ingatan dan kenangan apa yang telah aku lupakan tersebut.
    Mending kalau itu adalah kenangan yang buruk, namun bagaimana jika itu adalah sebuah kenangan yang baik dan menyenangkan bagi diri kita?
    Sebuah kenangan yang baik dan menyenangkan tentu sangatlah berharga dan tidak boleh dilupakan begitu saja.
    Itu sebabnya kita pasti akan terus berusaha mencari cara, sesulit apapun itu, untuk menemukan serpihan-serpihan ingatan kita kembali.

    Anggap saja kenangan itu adalah sebuah barang berharga yang kita miliki. Namun tiba-tiba barang itu karena kelalaian kita, terkunci dalam sebuah kotak dan tidak bisa terbuka.
    Apa yang akan dilakukan? Apakah meninggalkan barang itu dan membeli barang baru, ataukah berusaha membuka kotak itu?
    Aku yakin, pasti banyak teman-teman yang setuju untuk berusaha membuka kotak itu. Sesulit apapun membuka kotak tersebut, pasti kita akan berusaha mencari cara untuk membukanya
    dan mendapatkan barang berharga kita itu kembali.
    Begitu pulalah aku saat menjadi He Man. Sesulit apapun itu, aku akan berusaha mendapatkan ingatanku kembali.
    Tidak ada yang tidak mungkin kan jika kita berusaha?

    Shiela Hartiningtyas | @ruth_shiela | https://twitter.com/ruth_shiela/status/699112197113253893

    ReplyDelete
  39. Aku tetap akan berusaha mengingat masa laluku meskipun sangat sulit untuk melakukannya, karena walau bagaimanapun juga aku telah melewati banyak moment berharga dalam hidupku. Di dalam moment itu juga pastinya melibatkan orang lain. Jadi nggak bisa kalau berinteraksi lagi dengan mereka tanpa tau bagaimana moment hidupku bersama mereka sebelumnya.
    Mengalami amnesia di usia yang sudah dewasa tidak sama dengan lahir sebagai individu baru dalam wujud bayi. "Kelahiran kembali" itu pasti akan menyisakan teka-teki masa lalu yang harus kita pecahkan agar kita hidup dengan tenang. Dan salah satu caranya dengan berusaha mengingat masa lalu itu, mungkin dengan benda, tempat maupun seseorang. Meski mengalami trauma berat, nggak boleh menyerah begitu saja pada keadaan

    Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    https://twitter.com/RiniCipta/status/699096964965634048

    ReplyDelete
  40. Aku akan berusaha mendapatkan ingatanku, apa pun yang terjadi dan sesakit apa nantinya. Masa lalu adalah apa yang membuat kita bisa seperti sekarang ini, dan kita yang sekarang ini yang akan menentukan masa depan. Ada beribu alasan dibalik setiap kejadian, dan ada jutaan hikmah yang bisa kita petik.

    Memori itu semacam album kenangan yang seseorang, juga seperti sebuah film. Jika memori kita hilang, akan seperti apa kita nantinya? Jangankan untuk mengetahui orang lain, jati diri kita sendiri yang sebenarnya pun kita tidak benar-benar tahu. Ibarat menonton sebuah film, lalu kita terputus ditengah jalan dan tiba-tiba hanya tahu endingnya saja.

    Hati bisa saja merasakan apa yang kita rasakan, tentang cinta dan kasih sayang. Tapi, tanpa ingatan itu bukan apa-apa. Hidup tidak akan 100% hidup. Orang-orang yang tidak mengalami hilang ingatan pun berlomba ingin kembali ke masa lalu , walaupun sangat nihil.

    Humaira Balfas | @RaaChoco | https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/699163559826030592?p=v

    ReplyDelete
  41. Aku memilih untuk meraih memori ingatanku kembali walau akan ada rasa sakit yang aku tanggung nantinya. Fokuslah pada ingatan dan pelajaran yang berharga di masa lalu, bukan sebaliknya, menghabiskan waktu mengenang yang pun sudah tidak berharga, menyakitkan pula. Walaupun kehidupan kukini tidak pernah sama lagi seperti yang dulu, aku akan belajar lebih tangguh menerima kenyataan, lebih kuat dan lebih mandiri.

    Selain itu aku akan menjalani rutinitas apa adanya, tidak sungkan bertanya atau menjalin pertemanan dengan orang-orang baru disekitarku. Kalau nantinya mereka mau membuka diri untuk menerima aku kembali, aku akan senang sekali bisa mendapatkan support dari orang-orang sekitar yang peduli sama aku.
    Pricilia Marwah | @priciliamarwah | https://twitter.com/priciliamarwah/status/699188508259299328

    ReplyDelete
  42. Ten | @ten_alten | https://twitter.com/ten_alten/status/699229723176488960

    "Jika kamu menjadi He Man, mana yang kamu pilih: berusaha mendapatkan ingatanmu kembali walau sulit, atau melupakannya dan mencoba membangun hidup baru?"

    >> Kalau aku jadi He Man, aku akan menjalani hidupku yang sekarang. Mencoba hidup dengan sebagian ingatan yang ada itu termasuk mencoba 'hidup baru' kan? :D

    Selama menjalani hidupku yang baru ini, aku akan membiarkan ingatan yang hilang itu begitu saja. Karena aku tahu, jika ingatan itu baik untukku, maka Tuhan akan mengembalikannya padaku, dan jika ingatan itu buruk untukku, Tuhan tidak akan membiarkanku mengingatnya. Biarlah ingatan itu menghilang, biarlah ingatan itu kembali datang. Karena aku percaya Tuhan selalu punya rencana yang indah di balik setiap peristiwa.. ^^/

    ReplyDelete
  43. "Jika kamu menjadi He Man, mana yang kamu pilih: berusaha mendapatkan ingatanmu kembali walau sulit, atau melupakannya dan mencoba membangun hidup baru?"

    Mendapatkan ingatanku kembali. Alasannya sederhana: apa yang telah menjadi bagian dari diri kita layak untuk kita miliki bahkan ketika sebagian hal itu tiba-tiba menghilang di masa lalu, kita berhak untuk mendapatkannya kembali.

    Shafa Salsabila | @veliashafa | https://twitter.com/veliashafa/status/699230517414088704

    ReplyDelete
  44. Nama: pramestya
    Twitter: @p_ambangsari
    Link: https://twitter.com/p_ambangsari/status/699226334896197633

    Tentu saja saya akan memilih berusaha mendapatkan ingatan kembali walau sulit. Karena bagi saya, tanpa ingatan itu, saya tidak dapat memulai kehidupan baru. He Man kan nggak berpindah tempat tinggal jadi pasti akan selalu bertemu dengan orang-orang yang berhubungan dengan masa lalunya. Kalau saya memulai kehidupan baru, berarti saya harus menjauh dari tempat tinggal awal. Kalau nggak, saya bakal terus fruatasi saking penasarannya sengan apa yang dulu pernah terjadi dalam hidup saya.

    Saya harus berusaha mengingat lagi karena saya butuh orang-orang di masa lalu saya untuk melanjutkan hidup. Seperti apa pekerjaan sehari-hari saya. Kalau nggak dibantu berarti saya nggak bisa melanjutkan hidup. Terus karena saya menyayangi kenangan. Kenangan itu mirip harta, kalau nggak punya ya nggak bisa ngapa-ngapain.

    Alasan lain, orang amnesia pasti ingatannya akan menampilkan sedikit demi sedikit kenangan masa lalu. Kalau saya tolak, saya bakal penasaran dan gila. Maka dari itu satu-satunya jalan ya berusaha mengingat agar bisa menyelesaikan masalah jaman dulu dan karena saya nggak mau menyakiti hati orang lain. Kasihan orang yg pernah dekat dengan saya kalau melihat saya nggak kenal mereka. Apalagi Xie Yu, dia mungkin nggak bisa jadi suami saya lagi, karena itu saya berharap untuk mendapatkan ingatan kembali agar tidak terus-terusan bermimpi mendapatkannya kembali ke sisi saya seperti dulu.

    ReplyDelete
  45. "Jika kamu menjadi He Man, mana yang kamu pilih: berusaha mendapatkan ingatanmu kembali walau sulit, atau melupakannya dan mencoba membangun hidup baru?"

    Berusaha mendapatkan ingatan itu kembali meskipun sulit. Aku mengartikan 'sulit' sebagai sebuah penantian, bukan sebuah paksaan agar segera mengingat. Masa lalu itu menurutku penting, oleh karena itu aku memilih opsi pertama. Masa lalu merupakan spion yang digunakan menuju masa depan; sesekali ditengok biar nggak nabrak dan membuat kesalahan yang sama lagi.
    Sama seperti He Man yang lupa bahwa dia telah bercerai dari Xie Yu, pastinya adalah sesuatu yang dapat He Man pelajari dari perceraiannya tersebut. Dengan He Man mengingat kembali, maka ia akan lebih terhindar dari terperosok ke lobang kesalahan yang sama.
    Putri Prama A. | @putripramaa | https://mobile.twitter.com/PutriPramaa/status/699249238329298947

    ReplyDelete
  46. So pasti berusaha mendapatkan ingatanku kembali. Mungkin memang sulit. Yap, teramat sulit. Tapi satu-satunya cara bagiku untuk tidak kehilangan masa laluku bersamanya (baca: Xie Yu) adalah dengan memilikinya di masa depan. Tentunya dengan perantara kepulihan ingatanku. Ya dengan begitu, aku bisa kembali memperbaiki tata letak kehidupan silamku 5 tahun belakangan. Selain itu, tujuanku mengingat masa lalu bukan sebagai batu sandungan yang selalu menghalang-halangiku untuk menggapai masa depan. Melainkan masa lalu tersebut akan kujadikan batu loncatan untuk mempermudah dalam meniti masa depan. Pun juga sebagai alat kontrol kehidupan.

    Didi Syaputra | @DiddySyaputra | https://mobile.twitter.com/DiddySyaputra/status/699247948098482176?p=v

    ReplyDelete
  47. berusaha mendapatkan ingatan saya kembali walau sulit, karena saya memiliki orang-orang yang sayang sama saya, dan saya tau itu meskipun saya lupa ingatan. Kalau saya milih untuk melupakannya dan memulai hidup baru, sama aja saya nggak menghargai mereka yang menyayangi saya, dan pastinya saya akan lebih bingung ketika akan memulai hidup baru bersama orang yang belum lama saya kenal (yap, otak saya mulai ngadet)


    Annisa Ayundi | @annsynd | https://mobile.twitter.com/annsynd/status/699270997019484160

    ReplyDelete