Book Review + BlogTour: I Want to Eat Your Pancreas - Sumino Yoru

Judul: I Want to Eat Your Pancreas
Penulis: Sumino Yoru
Penerbit: Penerbit Haru
Jumlah Halaman: 309
ISBN: 0001027212
Harga: 79.000
Rate: 4,5 out of 5
"...makanya, aku mau makan pankreasmu."
Apa yang akan kamu lakukan jika kamu divonis penyakit kronis dan waktumu tinggal sebentar lagi?

Yamauchi Sakura hanya bisa tersenyum bahagia dan menjalani hari-harinya seperti biasa. Bahkan hingga tidak ada seorangpun yang mengetahui sebenarnya dia mengidap suatu penyakit. Pankreasnya rusak. 

Sakura tak pernah ingin menceritakannya kepada siapa-siapa, termasuk sahabat dekatnya. Karena gadis itu tidak mau sahabatnya berubah menjadi sekhawatir keluarganya. Sampai tak sengaja, seseorang membaca halaman pertama buku diarinya...
"...Yang mempertemukan kita adalah pilihan yang telah kau buat. Juga pilihan yang kubuat sampai saat ini. Kita bertemu atas keinginan kita sendiri."
'Aku'. Seorang cowok pendiam yang tidak memiliki teman. Cowok itu tidak sengaja membaca halaman pertama buku catatan Sakura sewaktu mereka berdua sedang berada di rumah sakit. 'Aku' sebenarnya tidak ingin berbicang dengan orang lain, namun sifat ceria Sakura, ditambah lagi permintaan gadis itu agar dirinya mau menjadi teman baik gadis itu sampai mati, membuat 'Aku' menjadi ingin lebih mengenalnya. 

Keduanya memiliki sifat yang sangat bertolak belakang hingga teman-teman dan sahabat Sakura yang populer kerap memandang sinis 'Aku' dan menggosipkan dirinya. 

'Aku' dan Sakura semakin dekat. Butuh waktu kurang lebih setahun lagi hingga Sakura menemui kematiannya. 'Aku' menduga, Sakura sebenarnya takut mati. Semakin Sakura sering bersamanya, 'Aku' semakin tidak ingin kehilangannya. Mereka melakukan hal-hal yang diinginkan Sakura sebelum gadis itu mati. Bahkan 'Aku' menyadari, bahwa ia telah menjadi seseorang yang berbeda, hingga saat yang dinanti Sakura akhirnya datang...
"Kalau ada hal yang bisa kusyukuri karena berhadapan dengan kematian... adalah hal itu. Setiap hari, aku menjalani hidup sambil berpikir bahwa aku masih hidup." 

"I want to eat your pancreas."

Siapa sih yang nggak kaget ada orang yang berkata seperti itu padamu tiba-tiba? 

Sakura pernah mengatakannya kepada 'Aku'. Permulaan ini membuatku menebak-nebak akan seperti apa genre cerita. Aku mulai berpikir, 'wah jangan-jangan ini thriller atau misteri atau detektif.' Ternyata.. Sesuatu yang lebih daripada itu.
"...Cerita fiksi dan kenyataan berbeda. Kenyataan tidaklah seindah dan semurni sebuah cerita fiksi."
Aku pernah bilang bahwa aku sangat menyukai J-Lit. Menurutku, J-Lit itu unik. Komplit gitu, kadang bikin baper, bingung, kesal. penasaran, sedih apalagi. Lihat saja judul novel ini. Sudah cukup unik dan berbeda, kan?

Sejauh ini, J-Lit yang diterbitkan Haru memiliki sesuatu yang membuatnya 'berbeda', yang membawaku sebagai pembaca ingin membaca lagi dan lagi J-Lit yang diterbitkan. Salah satunya, ya, I Want to Eat Your Pancreas ini.

I Want to Eat Your Pancreas cukup menguras emosiku. Berkisah tentang gadis yang memiliki penyakit yang menyerang pankreas-nya, dan divonis hanya memiliki waktu setahun lagi. Selama itu dia hanya bisa memperlambat perkembangan penyakitnya agar tidak memburuk dengan obat-obatan medis. 
"Yang merasa kasihan terhadap hidup gadis itu pasti memiliki rasa percaya diri yang terlalu tinggi. Angkuh, karena orang tersebut terlalu yakin tidak mungkin mari terlebih dahulu daripada gadis itu.
Sakura, gadis itu, hidupnya hampir sempurna. Temannya banyak. Sifatnya ceria. Berbeda jauh dengan 'Aku' yang suram. Tidak ada yang berteman dengannya. Itu pun juga yang diinginkan 'Aku'. Hingga suatu ketika takdir mempertemukan mereka. Yang tadinya tidak saling mengenal, menjadi mengenal dengan sangat baik.

'Aku' banyak belajar dari Sakura untuk menjadi orang yang sama sekali baru. Sejak bersimpati kepada Sakura yang berpenyakit dan meminta gadis itu untuk melakukan apapun yang ia sukai sebelum ia mati, 'Aku' berhasil menjadi salah satu orang terdekat Sakura. Sifat gadis itu yang ceria, mampu membuat 'Aku' perlahan luluh dan membuka diri. 

Lihat saja ketika Sakura berulang kali mengajak 'Aku' makan di resto dan kedai. Sedikit berkomentar, sumpah, novel ini membuatku lapar. Banyak makanan soalnya. Ketika mereka berdua makan yakiniku all you can eat, makan mochi, dan lain-lain, sambil mengobrol layaknya teman dekat. Aku seakan merasa menjadi orang ketiga diantara mereka.
"...Tunas bunga sakura yang berikutnya itu muncul kira-kira tiga bulan setelah sakura gugur. Tetapi tunas itu tertidur. Menunggu cuaca menjadi hangat, lalu mekat serempak. Dengan kata lain, sakura menunggu waktu yang tepat untuk mekar. Indah, kan?"
Diantara adegan-adegan makan itu, favoritku adalah ketika mereka makan mochi dan Sakura dengan berani membela nenek pemilik warung mochi dari serangan tante-tante yang menyebalkan. Rasa respekku terhadap Sakura menumpuk terus sejak ia berusaha untuk selalu bahagia meski ia tahu umurnya tak lagi lama. Walau sebenarnya kesal juga, karena Sakura sering kali membawa-bawa kata 'mati', seakan novel ini merupakan novel horor atau misteri. 

Perkembangan katakter 'Aku' juga sangat mengisi cerita ini. Aku menyukai bagaimana Sumino Yoru menulis tentang 'Aku'. Apalagi dimana ketika namanya tidak pernah disebutkan dari awal, hanya berupa julukan-julukan, dan baru di belasan halaman menuju ending, namanya diungkap. Aku cukup penasaran dengan sosok 'Aku' ini, hingga teman-teman sekelasnya, termasuk sahabat dekat Sakura, yaitu Kyoko, selalu menatapnya tajam. Saking curiganya anak sependiam 'Aku' bisa dekat dengan anak paling ceria di sekolah
"Aku tidak tahu bahwa menumpahkan amarah kepada seseorang ternyata bisa melukai hati orang yang bersangkutan. Aku pun juga ikut merasakan luka tersebut."
Akhir kisah ini membuatku sangat tersentuh. Sumino Yoru berhasil membawakan alur cerita dengan sangat baik, hingga meski ending-nya sama, tetapi proses menuju ending itu sama sekali di luar dugaan. Dan hal itu berhubungan dengan salah satu pesan yang ingin disampaikan penulis dalam buku ini. Yang membuatku dan aku rasa banyak pembaca akan sadar lalu merenungi. 

Terjemahan yang cukup baik tanpa typo yang berceceran (hanya satu, lho!) membuatku sangat menikmati novel ini. Ditambah, kovernya yang luar biasa cantik

Meski tidak membuatku sampai menitikkan air mata, tapi novel ini sangat-sangat pantas kuberi dua jempol! Penulis memberi warna haru yang berbeda, yang berhubungan dengan kehidupan, juga kematian. 
"Mengenal seseorang, menyukai seseorang, membenci seseorang, merasa senang saat bersama seseorang, merasa jenuh saat bersama seseorang, berpegangan tangan dengan seseorang, memeluk seseorang, berselisih dengan seseorang. Itulah hidup. Kalau hanya sendirian saja, kita tidak akan tahu bahwa kita ada."

BLOGTOUR!



Sebelumnya, aku mau berterima kasih kepada Penerbit Haru, yang telah berbaik hati memilihku menjadi salah satu host Blog Tour ini (yay!), memberiku kesempatan untuk membaca buku sebagus ini. :') 

Kali ini, sistematika blog tour-nya agak berbeda dari yang sebelumnya. Tugasku sebagai host disini hanyalah memberikan sebuah pertanyaan, yang bisa kalian cari jawabannya pada review-ku diatas (So, dibaca ya!). Nanti kalian bisa menyimpan jawaban tersebut dalam hati dan tulis jawabannya pada final giveaway di fanpage Haru yang akan digelar setelah event blog tour ini selesai. Wajib, loh! Hohoho.

Simak caranya dibawah ini ya:

1. Peserta berdomisili di Indonesia
2. Follow blog ini via GFC, Google +, atau email (opsional)
3. Like fanpage Penerbit Haru (sangat wajib), follow twitter @penerbitharu (wajib) dan follow twitter saya di @fazidaa_ (opsional).
4. Di Twitter, bagikan info tentang blog tour ini ke sosial media teman-teman, sertakan link menuju postingan ini dengan me-mention @penerbitharu dan @fazidaa, disertai hashtag #IWantToEatYour

5. Tinggalkan komentar di postingan ini berupa nama, akun twitter, dan link share:

Ini dia pertanyaanku:

"Siapa nama sahabat dekat Sakura selain 'Aku'?"

Gimana? Mudah, kan? Baca review-ku baik-baik yaaa. Semoga beruntung! ^^

Ini daftar host Blog Tour I Want to Eat Your Pancreas lainnya untuk kamu intip pertanyaannya:




Reading Vibes (you're here.)


Widy Bookie

***

BONUS:

Aku bahkan baru tau kalau novel ini difilmkan, dan yang main si Oguri Shun! (kyaaa!

Bagi teman-teman yang masih ragu se-sweet dan semengharukan apa novel ini bisa coba baca review-ku lalu baper-baperin deh, tuh, sambil liat trailer-nya. Aku aja sampe pengin nangis, huhuhu :')

Trailer I Want To Eat Your Pancreas. Enjoy! ^^



Share:

30 comments

  1. Day-3, ye ye ye 😁

    Nama : Hamdatun Nupus
    Akun Twitter : @HamdatunNupus
    Link Share : https://twitter.com/HamdatunNupus/status/854697469048836096

    Wish me luck 😘

    ReplyDelete
  2. Nama: Bety Kusumawardhani
    Twitter: @bety_19930114
    Linkshare: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/854700791935909888?p=v

    ReplyDelete
  3. Haiii, aku ikutan yaaa!^^

    Nama: Marfa
    Twitter: @umimarfa
    Link share: https://twitter.com/umimarfa/status/854720972842086400

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Nama : Nisa
    Twitter : NisaInWord
    Link share : https://twitter.com/NisaInWord/status/854734984048893952

    ReplyDelete
  6. Nama : Alifyah
    Akun Twitter : @fhyfhy911
    Link Share :
    https://mobile.twitter.com/fhyfhy911/status/854794672798969856

    wish me luck~ 😊

    ReplyDelete
  7. Nama : Aprisinta
    Akun twitter : @AprieeLssinzta
    Link share : https://twitter.com/AprieeLssinzta/status/854821177704960001

    ReplyDelete
  8. Nama: Desita Wahyuningtias
    Twitter: @desitaw97
    Link share: https://twitter.com/desitaw97/status/854843278818123776

    ReplyDelete
  9. Nama : dety suhaeti mutiara
    Twitter : @detymutiara_
    Link share : https://twitter.com/detymutiara_/status/854868310441074690

    ReplyDelete
  10. nama: Insan Gumelar Ciptaning Gusti
    akun twitter: @san_fairydevil
    link share: https://twitter.com/san_fairydevil/status/854868987838054400

    ReplyDelete
  11. Nama : Tina Alfiani
    Akun twitter : @AfianiTina
    Link share : https://twitter.com/AfianiTina/status/854882960880705536

    ReplyDelete
  12. Nama : raisa hanifa
    Akun twitter : raisahanifa_
    Link share : https://mobile.twitter.com/raisahanifa_/status/854888375286775808?p=v

    ReplyDelete
  13. nama: Aulia
    akun twitter: @nunaalia
    link share: https://twitter.com/nunaalia/status/854903071658213376

    ReplyDelete
  14. Nama: devira belin
    Twitter: @virscnd
    Domisili: semarang-jawa tengah
    Link share: https://mobile.twitter.com/Virscnd/status/854928267211558912

    ReplyDelete
  15. Nama: Sandra Hamidah
    Email: sandra.artsense@gmail.com
    Twitter: @Sandra_artsense
    Domisili: Bandung
    Link share:
    https://mobile.twitter.com/Sandra_artsense/status/854999574297034752

    ReplyDelete
  16. Nama: Nurwahidah

    Email: wawcuz@gmail.com

    Twitter: @wawha_cuza

    Domisili: Medan

    Link share: https://twitter.com/wawha_Cuza/status/855045560302161920

    ReplyDelete
  17. Elsita F. Mokodompit
    @sitasiska95
    Morowali, Sulawesi Tengah
    Https://twitter.com/sitasiska95/status/855054284915843072

    ReplyDelete
  18. Nama: Lina Ernawati
    Twitter: @Linaernaw
    Link share:
    https://twitter.com/Linaernaw/status/855056070825328644

    ReplyDelete
  19. Ida Ayu Putu Ledys Deviyani
    Twitter : @dayuledys

    Domisili : Denpasar

    Link share : https://mobile.twitter.com/dayuledys/status/855070936021610496

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Nama: Aulya Frizka Setyamien
    Twitter: @aulyafrizka
    Domisili: Cilacap
    Link share: https://mobile.twitter.com/aulyafrizka/status/855173436540198912?p=v

    ReplyDelete
  22. Nama: Fitra Aulianty
    Twitter: @fira_yoopies
    Domisili: Pekanbaru
    Link share: https://twitter.com/fira_yoopies/status/855229094484508673

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Nama : Khuril Rosyida
    twitter : @khurilrosyida
    Link share : https://plus.google.com/+KhurilRosyida/posts/VjjhEad5Un5
    https://www.facebook.com/khuril.rosyida/posts/1521181771248239?pnref=story
    https://twitter.com/KhurilRosyida/status/855464477361192961

    ReplyDelete
  25. Nama: Nela Norhela
    Akun Twitter: @Nelahela
    Link share:
    https://twitter.com/Nelahela/status/855646757245435904

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Nama: Femmy Adis
    Akun Twitter : @FemmyAdis
    Domisili : Bogor, Jawa Barat
    Link share : https://twitter.com/Femmyadis/status/856084135202492420


    Wish me luck 🙏

    ReplyDelete
  28. Lucu banget header blognya :D sukaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku baru bacaaa. Makasih banyak Kak Hana ❤️

      Delete